Sunday, 21 August 2016

SINOPSIS SURANG ILIE SURANG MUDIEK versi K4



DRAMA
-RANDAI-
SINOPSIS SURANG ILIE SURANG MUDIEK versi K4

Randai Surang Ilie Surang Mudiek ini bercerita tentang perseteruan antara mamak dan kemenakan tentang harta pusaka. Adalah Mamak Rajo Kaciak yang memiliki harta pusaka yang melimpah namun hidup dalam kesederhanaan, dan tidak menggunakan harta pusaka itu selain yang diperlukannya. Tanah, sawah dan ladang di kampuung itu hampir semuanya milik Rajo Kaciak. Namun hal ini berbeda dengan istrinya Mak si Romi. Mak si Romi menginginkan hidup yang penuh dengan kemewahan. Ia mengadu kepada Rajo Kaciak tentang kehidupan yang dijalaninya sekarang. Adalah Mudo Sukadi kemenakan Mamak Rajo Kaciak, yang sependapat dengan Mak si Romi tentang harta pusaka itu. Mudo Sukadi yang menghabiskan masa mudanya bermain judi menentang Mamaknya yang menyuruhnya belajar Al-quran. Mudo Sukadi meminta Rajo Kaciak membagi harta pusaka yang melimpah itu. Hal itu tentu di tentang oleh Rajo Kaciak sehingga menimbulkan konflik diantara mereka. Mereka berkelahi dengan sengit yang kemudian perkelahian itu dilerai oleh Tan Bandaro. Tan Bandaro adalah mamak dari Mudo Sukadi dari pihak ayahnya.
Keesokan harinya, Tan Bandaro dan Mudo Sukadi pergi menemui Jando Jo Labiah untuk meminta pinjaman uang. Jando Jo Labiah atau Upiak Jalini adalah seorang janda kaya dari mendiang Sutan Takadiah yang kaya raya. Mudo Sukadi mengutarakan perihal maksud dan kedatangannya bahwasanya ia ingin meminjam 2 kg emas untuk modal penikahannya dengan kekasih hatinya, si Romi yang tak lain adalah putri dari mamaknya sendiri yaitu Mamak Rajo Kaciak. Mudo Sukadi dengan mudah mendapat pinjaman dari Jando Jo Labiah. Namun demikian, hutang itu beserta bunganya harus dibayar tepat waktu.
Setelah mendapat pinjaman dari Jando Jo Labiah, Mudo Sukadi langsung menemui Aciak Mak si Romi yang sejak dulu telah sepakat mengenai pernikahan Mudo Sukadi dan si Romi. Mudo Sukadi menyerahkan uang pinjamannya itu kepada Mak si Romi untuk modal pernikahan. Disana Mudo Sukadi juga bertemu dengan si Romi. Si Romi mengutarakan isi hatinya bahwa ia sangat mencintai Mudo Sukadi. Begitu juga dengan Mudo Sukadi, ia meminta si Romi untuk bersabar karena sebentar lagi mereka akan mewujudkan cinta mereka melalui pernikahan.
Sebelum alek gadang itu dilaksanakan, para tetua dikampung berunding di rumah Angku Kapalo perihal hutang Mudo Sukadi kepada Jando Jo Labiah. Mereka diantaranya adalah Angku Kapalo, Rajo Kaciak, Mudo Sukadi, dan Jando Jo Labiah atau Upiak Jalini. Jando Jo Labiah datang menagih hutang kepada Mudo Sukadi, namun Mudo Sukadi belum bisa membayarnya. Kemudian, datanglah Upiak Saidah, kerabat dari Mudo Sukadi. Upiak Saidah marah karena mereka tidak mengajaknya untuk berdiskusi perihal hutang Mudo Sukadi tersebut. Tak pelak adu mulut antara Mudo Sukadi dan Upiak Saidah pun tak dapat dielakkan. Angku Kapalo mencoba menenangkan mereka, dan mencoba mencari jalan keluar terhadap masalah hutang Mudo Sukadi. Akhirnya, setelah berunding dicapailah kata mufakat bahwa Mudo Sukadi harus membayar hutang tersebut setelah acara pernikahannya selesai.
Tak lama waktu berselang, akhirnya dua sejoli itu bersanding di pelaminan. Namun, kebahagiaan itu tak berselang lama, Upiak Jalini kembali datang menagih hutang. Ia bertemu dengan Mak si Romi yang kebetulan sedang ada dirumah. Karena Mudo Sukadi tampaknya tidak akan membayar hutang, Upiak Jalini akhirnya mengambil semua harta kekayaan dari Rajo. Tanah, sawah, dan ladang di seberang yang pernah dijanjikan oleh Mudo Sukadi sebagai jaminan tampaknya tak cukup untuk membayar hutang tersebut, akhirnya perhiasan Mak si Romi pun diambil paksa oleh Upiak Jalini.
Mak si Romi mengadu kepada suaminya Rajo Kaciak. Rajo Kaciak sudah tahu hal itu pasti akan terjadi. Ia tak bisa berbuat apa- apa. Begitupun Mak si Romi, ia menyesal karena selama ini ia telah dibutakan oleh harta. Kini mereka tidak punya apa- apa lagi. Dan begitulah kisah ini berakhir.
The end

KISAH RANDAI K4-13



Inilah kisah penampilan randai kami yang berjudul Surang Ilie Surang Mudiek. Disemester 6 ini kami mengambil mata kuliah Drama yang diampu oleh dosen kami An Fauzia Rozani Syafei atau Buk Susi. Beliau menginformasikan bahwa mata kuliah Drama akan diisi oleh penampilan randai. Namun sebelum mulai latihan, diminggu-minggu pertama perkuliahan diisi oleh materi tentang Drama secara umum. Jadi, kami masih belajar didalam ruangan mempelajari naskah drama western. Tapi, kami sudah mulai merancang segala hal yang berkaitan dengan randai karena segala sesuatunya harus dilakukan secara mandiri atau diluar kelas.
Hal pertama yang harus kami lakukan adalah mencari pelatih. Banyak pelaku seni yang bisa mengajarkan randai terutama untuk gerakan legaran. Tentu saja mereka adalah yang berada disanggar tari. Rekomendasi dan saran-saran dari senior sangat membantu dalam hal ini. Kami sendiri memilih pelatih dari Sanggar Palito Nyalo.
Kemudian, mencari naskah drama. Syaratnya naskah drama tak boleh yang sudah ditampilkan oleh senior-senior sebelumnya. Tema cerita randai kali ini adalah tragedy. Jadi kami harus mencari naskah yang berbau tragedy didalamnya. Naskah drama randai bisa didapatkan disanggar, ataupun dikampung-kampung yang pernah menampilkan randai sebelumnya. Kemarin, kami cukup kesulitan mencari naskah karena banyak yang tidak memenuhi kriteria. Akhirnya, kami memilih cerita Surang Ilie Surang Mudiek yang didapatkan dari sanggar juga.
Setelah memperoleh naskah, barulah kami melakukan casting atau pemilihan pemain.yang pertama adalah pemilihan sutradara yang dipilih secara sukarela,begitu juga dengan produser. Kemudian barulah pemilihan para legaran yang masih berdasarkan minat dan sukarela. Karena jumlah anggota kelas kami banyak, yaitu 25 orang. Jadi kami menetapkan anggota legaran sebanyak 16 orang. Untuk para aktor dan aktris selain dipilih melalui minat, mereka juga dicasting untuk menentukan peran apa yang akan mereka lakonkan nantinya. Dan yang terakhir adalah pendendang. Tentu saja pendendang adalah mereka yang bersuara bagus dalam bernyanyi. Pendendang kami berjumlah 3 orang. Khusus untuk translator, kami mengambil inisiatif bahwa setiap orang harus ikut menerjemahkan naskah dari bahasa Minang kedalam Bahasa Inggris. Selain meringankan beban menerjemah, hal ini juga bisa membuat semua anggota memahami cerita yang akan ditampilkan.
Setelah itu, kami mulai latihan gerakan dasar silat. Diawal awal latihan, semua anggota kelas ikut latihan karena naskah belum selesai diterjemahkan. Setelah naskah rampung walau baru beberapa scene saja, barulah kami latihan terpisah. Legaran latihan bersama pelatih silat. Pedendang latihan dengan pelatih music. Aktor dan aktris mulai reading dan latihan bersama sutradara.
Karena segala sesuatunya kami yang menyusun sendiri, begitu pula dengan pendanaannya. Mulai dari membayar pelatih, naskah, penyewaan kostum, make up, dan biaya-biaya lainnya kami yang bertanggungjawab. Jadi kami mengumpulkan uang yang nominalnya cukup besar.
Karena ini merupakan mata kuliah, jadi sesekali dosen pembimbing kami melihat dan mengoreksi perkembangan latihan kami. Setiap dua minggu sekali kami latihan di teater untuk membiasakan diri di pentas. Setelah sekitar sebulan lagi akan tampil, kami melakukan pemotretan untuk mengambil gambar atau video sebagai video pembuka untuk memperkenalkan para pemain pemain randai kepada para penonton. Semakin dekat dengan hari H semakin intensif pula kami latihan, bahkan ada beberapa kali latihan malam untuk memantapkan gerakan.
Penampilan Randai ini di ikuti oleh 4 kelas prodi Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2013. Jadi ada empat kelas yang akan menampilkan kisah randai mereka. Jadi, para perwakilan kelas berdiskusi masalah penampilan nanti. Hal yang didiskusikan adalah penyewaan lighting, cameramen untuk menyuting penampilan karena nantinya video tersebut harus di upload ke youtube, pembagian penonton karena seluruh junior mahasiswa jurusan Bahasa Inggris wajib menonton penampilan randai tersebut, penjualan tiket karena setiap penonton harus membayar tiket seharga 5ribu rupiah. Untuk pentasnya sendiri yaitu di Teater Tertutup FBS. Dan yang paling utama adalah memilih urutan tampil.
Dan akhirnya sampailah kepada hari penampilan akhir yang merupakan ujian dari mata kulaih ini. Semuanya sibuk berdandan, dan tak sedikit yang demam panggung. Walau kami tampil diurutan terakhir tapi penonton kamilah yang paling banyak. Teater yang berkapasitas lebih kurang 300 orang itu penuh. Jadi kami tampil dengan semangat. Penampilan kami berjalan sukses. Walau kami merasa belum begitu puas karena kami menyadari masih banyak kekurangan disana sini terlebih kami banyak melakukan kesalahan gerakan. Namun, kami tetap bahagia dan lega sudah menyelesaikan tugas terberat disemester ini. Semangatt terus kefour… fighting

Saturday, 4 June 2016

CONTOH RPP BAHASA INGGRIS KELAS X SEMESTER 1 KD 3.3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SMA PEMBANGUNAN  PADANG
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : X / Ganjil
Topik                           : Memberikan perhatian (care)
Alokasi Waktu            : 2 X 45 Menit

A.     Kompetensi Inti
1. KI 1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

2. KI 2. Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3. KI 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kemanusiaan, kebangsaan, kenegaran, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan mintanya untuk memecahkan masalah.

4. KI 4.  Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2 
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan Komunikasi transaksional dengan guru dan teman

3.3
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menunjukan perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.3
Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan perhatian (care), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.



C.     Indikator Pencapaian Kompetensi

1.1.1        Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional yang diwujudkan dengan semangat belajar.
2.2.1.   Menunjukkan prilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi   interpersonal dengan guru dan teman.
2.2.2.   Menunjukkan prilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam     melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.3.1.   Mendengarkan/menonton interaksi menunjukkan perhatian.
3.3.2.   Mengikuti interaksi menunjukkan perhatian.
3.3.3.   Menirukan model interaksi menunjukkan perhatian
            3.3.4.   Mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menunjukkan perhatian. (fungsi sosial, struktur              teks, dan unsur kebahasaan).
           3.3.5.   Mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai ungkapan menunjukan                               perhatian
            3.3.6.   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks sesuai dengan teks penggunaannya

            4.3.1.   Menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menunjukan              perhatian dalam jurnal belajar (learning journal).
            4.3.2.   Menyusun teks lisan dan tulis ungkapan perhatian

D.     Materi Pembelajaran
Teks  lisan dan tulis untuk menunjukkan perhatian (care)
Fungsi sosial: Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain.
Ungkapan
Ungkapan untuk memberi perhatian dan cara meresponsnya: You look pale . Are you OK? Not, really. I’ve got a headache.
Unsur kebahasaan:
Ucapan, tekanan kata, intonasi

E.      Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a.       Kegiatan Pendahuluan
1)    Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)    Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3)    Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan

b.      Kegiatan Inti (Mengamati)
1)    Siswa mendengarkan/menonton interaksi menunjukkan perhatian.
2)    Siswa mengikuti interaksi menunjukkan perhatian
3)    Siswa menirukan model interaksi menunjukkan perhatian.

c.       Kegiatan Inti – Menanya
1.      Siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai ungkapan menunjukan perhatian
2.      Siswa mempertanyakan perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, dan kemungkinan menggunakan ungkapan lain.

d.   Kegiatan Inti – Mengumpulkan Informasi
1.      Siswa menunjukkan perhatian dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, roleplay, dan kegiatan lain yang terstruktur.
2.      Siswa menirukan contoh-contoh interaksi memberikan perhatian beserta responnya dalam Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
3.      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi memberikan perhatian beserta responnya.
4.      Secara kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk mengungkapkan perhatian serta responnya dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.

e.         Kegiatan Inti – Mengasosiasikan
1.         Siswa membandingkan ungkapan menunjukan perhatian yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
2.          Siswa membandingkan antara ungkapan memberikan perhatian beserta Inggris yang telah dipelajari tersebut diatas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
3.          Siswa memperoleh feedback dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.

f.       Kegiatan Inti – Mengkomunikasikan
1.     Siswa menggunakan bahasa inggris setiap kali muncul kesempatan memberikan perhatian beserta responnya, didalam dan diluar kelas, dengan unsur kebahasaan yang dapat mendekatkan hubungan interpersonal.
2.     Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
3.     Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menunjukan perhatian dalam jurnal belajar (learning journal).


b.      Kegiatan Penutup
1)    Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2)    Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3)    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
4)    Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran

F.   Penilaian
No
Indicator
Technique
Form
Example
1.


2.


3.
Applying attention by giving some important informations-
Giving attention for someone to others
Using some expressions of giving attention
Non tes
Performance



Are you OK?



  1. Rubric :

ESSAY
SCORE
FLUENCY
·         Fluent and having strong self confidence
·         Fluent even though sometimes having lack self confidence
·         Having big hesitate in speaking
·         Having ability in speaking but not fluent
·         Can not speak in English

5
4
3
2
1
·         Usage  complex sentences
·         Usage  complex sentences but sometimes make mistake
·         Usage simple sentences and sometimes make mistake
·         Usage simple sentences and often make mistake
·         Sentences ungrammartically

5
4

3
2
1
INTONATION
·         Pronunciate words with pronunciation and intonation correctly
·         Pronunciate words with pronunciation and intonation correctly, eventhough having little mistake
·         Pronunciate words correctly but poor intonation
·         Pronunciation and intonation are poor
·         Make many mistakes and can not be understood

5
4

3

2
1
COMMUNICATIVE INTERACTION
·         Fluent, having self-confidence in speaking and having ability in correcting if he/she make mistake
·         Having self-confidence, eventhough sometimes doing repetition in speaking
·         Having only be responding than expressing ideas
·         Having difficulties to speak eventhough have been action
·         No respond anymore

5

4

3
2
1



  1. Scoring Guidance
Total score       = 20
Score               =  Total score     x     5
Criterion  :
·         Excellent               = 86 – 100
·         Very good             = 76  - 85
·         Good                     = 70 – 75
·         Fair                        = 60 – 69
·         Poor                       = 60 >

G.     Media Pembelajaran
Real object, role play
H.     Sumber Belajar
1.       English Guidance Book Grade X Curriculum 2013 published by National Education
2.       English Worksheet Grade X



Mengetahui,                                                    Padang,           Juni 2016
Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris


Drs. Jufri, M.Pd                                              Musfera Nara Vadia
NIP                                                                 1300925


Lampiran 1

LEMBAR PENILAIAN KETRAMPILAN PRAKTIK

No
Name
Fluency
Accuracy
Performance
Communicative Interaction
Total
Score
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1.























2.























3.























4.























5.























6.























7.























8.























9.























10.























11.























12.























13.























14.























15.























16.























17.























18.























19.























20.























21.























22.























23.























24.























25.























26.























27.























28.























29.























30























31























32























33.























34























35


























Lampiran 2

LEMBAR PENGAMATAN SIKAP

Mata Pelajaran            :..................................................................................................
Kelas/Semester            :....................................................................................................
Tahun Ajaran              :....................................................................................................
Waktu Pengamatan     : ............................................................................................

Indikator perkembangan sikap religius, tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun
1.       Skor 1 jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas
2.      Skor 2 jika menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.      Skor 3  jika menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.      Skor 4 jika menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten

Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
Nama Siswa
Religius
Tanggug jawab
Peduli
Responsif
Santun
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.





















2.





















3.





















4.





















5.





















...






















Keterangan
1                    = kurang
2                    = sedang
3                    = baik
4                    = sangat baik