RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Satuan Pendidikan :
SMP
Negeri 7 Padang
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : VIII/1
Materi pokok : Menyatakan dan
menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan
Aloka si waktu : 4 x 40 menit
A. Kompetensi
Inti (KI)
1. KI
1
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
KI 2
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3. KI 3
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. KI 4
Mengolah, menyaji, dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi
Dasar
1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional.
2.
Menghargai perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.1 Menghargai perilaku
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab
dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
2.2 Menghargai perilaku
tanggung jawab, peduli,kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.2 Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan
dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
4.2 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
a. Sikap
spritual
1. Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
b.
Sikap
sosial
2. Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
2.1.1
Menunjukkan jujur,
disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
2.1.2
Menunjukkan perilaku
tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional
c.
Pengetahuan
3.2.1
mengidentifikasi fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan
tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan.
3.2.2
membedakan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan
tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan.
d.
Keterampilan
4.2.1
membuat
dialog yang memuat ungkapan untuk menyatakan dan
menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan.
4.2.2
mempraktikkan
dialog yang memuat ungkapan untuk menyatakan dan
menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan.
2. Materi
Pembelajaran
1. Teks
lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan
2. Fungsi
sosial: untuk menjaga hubungan interpersonal, transaksional, dan fungsional
dengan guru dan teman
3. Struktur
teks
a. menyatakan
dan menanyakan tentang kemampuan
1)
Can
you play guitar? Yes, I can/Sorry, I can’t
2)
Can
you do it now? I’m not sure./I’ll try.
b. menyatakan
dan menanyakan kemauan melakukan suatu tindakan
1)
Will
you go to the meeting? Yes, I will/No, I won’t.
2)
Will
you listen to me? All right.
4. Unsur
kebahasaan
a. Kosa
kata (can, will, play, do, come, help,
get up, sweep, make, fry, serve, read, etc)
b. Tata
bahasa (Can you+ V1 . . . , Will you+V1 .
. .)
c.
Ucapan, tekanan kata, dan
intonasi.
5.
Topik
Berbagai
hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran,
di dalam maupun di luar kelas
3.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan 1
a. Kegiatan
Pendahuluan
1) Salam
dan doa
2) Memberikan
apersepsi berupa pertanyaan sesuai dengan manfaat pembelajaran ungkapan
menyatakan dan menanyakan kemampuan dalam kehidupan sehari-hari
3) Menjelaskan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai
4) Menyampaikan
garis besar materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan
b.
Kegiatan Inti – Mengamati
1)
Siswa
mengamati beberapa gambar dengan balon percakapan yang menceritakan konsep
ekspresi kemampuan. (hal.21)
2)
Siswa
diberi contoh/model cara membaca percakapan tersebut dengan pengucapan dan
intonasi yang baik dan benar.(hal.21)
3)
Siswa
menirukan contoh/model cara membaca percakapan tersebut dengan pengucapan dan
intonasi yang baik dan benar.(hal.21)
4)
Siswa
diminta mencari ungkapan lain dengan konsep yang sama baik itu di lingkungan
kelas, sekolah, maupun rumah.
5) Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan
melakukan suatu tindakan.
c.
Kegiatan
Inti - Menanya
1)
Siswa diberi contoh/model cara membaca percakapan yang
menceritakan konsep ekspresi kemampuan
dengan pengucapan dan intonasi yang baik dan benar.(hal.22)
2) Siswa menirukan contoh/model cara membaca percakapan tersebut
dengan pengucapan dan intonasi yang baik dan benar.(hal.22)
3) Siswa melengkapi kalimat berdasarkan percakapan tersebut.
(hal.23)
4) Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar
berbagai ungkapan menyatakan dan
menanyakan tentang kemampuan melakukan suatu tindakan dalam berbagai
konteks.
d.
Kegiatan
Inti
– Mengumpulkan informasi
1) Siswa melakukan wawancara kepada teman sekelasnya mengenai hal-hal
yang dapat mereka lakukan (ungkapan kemampuan) dan menuliskan hasilnya ke dalam
tabel.(hal.24)
2) Siswa membuat kalimat berdasarkan tabel pada kegiatan sebelumnya dan
menuliskannya dalam buku.(hal.25)
3) Siswa saling bertukar hasil kerja dengan kelompok lain untuk memperbaiki
hasil kerjanya.
4) Siswa diberi gambar-gambar dengan balon percakapan yang masih
kosong dan diminta membuat dialog menggunakan ungkapan kemampuan.
5) Siswa mempraktikkan dialog tersebut dengan pengucapan dan intonasi yang baik dan benar
e. Kegiatan
Inti – Mengasosiasikan
1)
Siswa
membuat kalimat tanya tentang suatu kemampuan beserta responnya didalam
balon-balon dialog sesuai dengan gambar yang tersedia.
2)
Siswa
membacakan hasil tulisannya dalam bentuk bermain peran dengan teman
sebangkunya.
f.
Kegiatan
Inti- Mengkomunikasikan
1)
Siswa mencari potongan
gambar dari majalah atau koran mengenai kegiatan yang dapat/tidak dapat
dilakukan (kemampuan). (hal.31)
2)
Siswa menulis kalimat
berdasarkan gambar pada kegiatan sebelumnya. Kalimat terfokus pada penggunaan “I can . . . “, “I can’t …..”,
3)
Siswa membuat dan
mempraktikkan dialog berdasarkan kalimat-kalimat tersebut yang menyatakan dan
menanyakan tentang kemampuan melakukan suatu tindakan.
g.
Kegiatan
Penutup
1) Dengan
bimbingan guru, siswa membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
2) Siswa
dan guru melakukan refleksi pembelajaran.
3) Guru
dan siswa (pada siswa lain) memberikan umpan balik terhadap proses
pembelajaran.
4) Guru
memberikan kegiatan tindak lanjut berupa penugasan.
5) Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
6) Guru
menutup pembelajaran dengan salam.
2.
Pertemuan 2
a. Kegiatan
Pendahuluan
5) Salam
dan doa
6) Memberikan
apersepsi berupa pertanyaan sesuai dengan manfaat pembelajaran ungkapan
menyatakan dan menanyakan kemampuan dalam kehidupan sehari-hari
7) Menjelaskan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai
8) Menyampaikan
garis besar materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan
b.
Kegiatan Inti – Mengamati
1. Siswa mengamati beberapa gambar dengan balon percakapan yang
menceritakan konsep ekspresi kemauan.
2.
Siswa
diberi contoh/model cara membaca percakapan tersebut dengan pengucapan dan
intonasi yang baik dan benar.
3.
Siswa
menirukan contoh/model cara membaca percakapan tersebut dengan pengucapan dan
intonasi yang baik dan benar.
4.
Siswa
diminta mencari ungkapan lain dengan konsep yang sama baik itu di lingkungan
kelas, sekolah, maupun rumah.
5. Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang kemauan
melakukan suatu tindakan.
c.
Kegiatan
Inti- Menanya
1.
Siswa diberi contoh/model cara membaca percakapan yang
menceritakan konsep ekspresi kemauan
dengan pengucapan dan intonasi yang baik dan benar.
2. Siswa menirukan contoh/model cara membaca percakapan tersebut
dengan pengucapan dan intonasi yang baik dan benar.
3. Siswa melengkapi kalimat berdasarkan percakapan tersebut.
4. Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar
berbagai ungkapan menyatakan dan
menanyakan tentang kemauan melakukan suatu tindakan dalam berbagai konteks.
d.
Kegiatan Inti- Mengumpulkan Informasi
1.
Siswa melakukan
wawancara kepada teman sekelasnya mengenai hal-hal yang dapat mereka lakukan
(ungkapan kemauan) dan menuliskan hasilnya ke dalam tabel.
2.
Siswa
membuat kalimat berdasarkan tabel pada kegiatan sebelumnya dan menuliskannya
dalam buku.
3.
Siswa
saling bertukar hasil kerja dengan kelompok lain untuk memperbaiki
hasil kerjanya.
4. Siswa diberi gambar-gambar dengan balon percakapan yang masih
kosong dan diminta membuat dialog menggunakan ungkapan kemauan.
5.
Siswa mempraktikkan
dialog tersebut dengan pengucapan dan
intonasi yang baik dan benar.
e. Kegiatan Inti – Mengasosiasikan
1. Dalam
kerja kelompok terbimbing, siswa menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang kemauan dan kemauan melakukan suatu tindakan
2. Guru
memberi umpan balik (feedback) dari
guru dan teman
3. Guru
memberikan konfirmasi tentang kegiatan yang dilakukan.
f.
Kegiatan
Inti – Mengkomunikasikan
1.
Siswa mencari potongan
gambar dari majalah atau koran mengenai kegiatan yang akan / tidak akan
dilakukan (kemauan). (supplementary
material)
2.
Siswa menulis kalimat
berdasarkan gambar pada kegiatan sebelumnya. Kalimat terfokus pada penggunaan “I will . . . “, “I won’t …..”,
3.
Siswa membuat dan
mempraktikkan dialog berdasarkan kalimat-kalimat tersebut yang menyatakan dan
menanyakan tentang kemauan melakukan suatu tindakan..
4.
Siswa menulis jurnal
untuk mengungkapkan pengalaman yang
mereka peroleh selama pembelajaran, hal-hal yang sulit dan mudah
dipelajari dan strategi yang sudah atau akan dilakukan untuk mengatasinya.
4.
Penilaian Hasil Pembelajaran
1.
Penilaian
Sikap
Instrumen : Lembar Observasi
Lembar Pengamatan Sikap Peserta didik
No
|
Nama
|
Kesungguhan
(K1)
|
Santun
(K2)
|
Percaya diri
(K2)
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
Keterangan :
a.
1 = Kurang
b.
2 = Cukup
c.
3 = Baik
d. 4
= Sangat Baik
2.
Penilaian
Pengetahuan
Instrumen : Tes Tulis
a. Siswa melengkapi kalimat berdasarkan percakapan. ( ungkapan
kemampuan - hal.23)
b. Siswa melengkapi kalimat berdasarkan percakapan tersebut. (ungkapan
kemauan - supplementary material)
c. Siswa membuat kalimat berdasarkan tabel halaman 24.(hal.25)
d. Siswa
menulis kalimat berdasarkan gambar pada kegiatan
sebelumnya. Kalimat terfokus pada penggunaan “I can . . . “, “I can’t …..”,
e. Siswa
menulis kalimat berdasarkan gambar pada kegiatan sebelumnya. Kalimat terfokus
pada penggunaan “I will . . . “, “I won’t
…..”,
3.
Penilaian Keterampilan: Praktik
Rubrik Penilaian
5.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
Media : power
point
Alat : Laptop dan LCD
Sumber
Belajar : When
English Rings a Bell
Mengetahui Padang, April 2016
Kepala SMP N 7 Padang Guru
Mata Pelajaran
……………….. …………………..
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment