Saturday 4 June 2016

CONTOH RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII SEMESTER 1 KD 3.3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Satuan Pendidikan    : SMP Negeri 7 Padang
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/semester                       : VIII/1
Materi pokok                        : Menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan
Aloka si waktu                      : 4 x 40 menit

A.  Kompetensi Inti (KI)
1.    KI 1
Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya.
2.    KI 2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.    KI  3
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    KI 4
Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi Dasar

1.      Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional.
2.      Menghargai perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.1  Menghargai perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.2  Menghargai perilaku tanggung jawab, peduli,kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.2  Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2  Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan  kemauan melakukan suatu tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks


C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
a.      Sikap spritual
1.      Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
b.      Sikap sosial
2.      Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.1.1        Menunjukkan jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.1.2        Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
c.       Pengetahuan
3.2.1        mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan.
3.2.2        membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan.
d.      Keterampilan
4.2.1        membuat dialog yang memuat ungkapan untuk menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan.
4.2.2        mempraktikkan dialog yang memuat ungkapan untuk menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan.


2.    Materi Pembelajaran
1.    Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan  kemauan melakukan suatu tindakan
2.    Fungsi sosial: untuk menjaga hubungan interpersonal, transaksional, dan fungsional dengan guru dan teman
3.    Struktur teks
a.    menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan
1)   Can you play guitar? Yes, I can/Sorry, I can’t
2)   Can you do it now? I’m not sure./I’ll try.
b.    menyatakan dan menanyakan kemauan melakukan suatu tindakan
1)   Will you go to the meeting? Yes, I will/No, I won’t.
2)   Will you listen to me? All right.
4.    Unsur kebahasaan
a.    Kosa kata (can, will, play, do, come, help, get up, sweep, make, fry, serve, read, etc)
b.    Tata bahasa (Can you+ V1 . . . , Will you+V1 . . .)
c.    Ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
5.    Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas
3.        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1.         Pertemuan 1
a.    Kegiatan Pendahuluan
1)   Salam dan doa
2)   Memberikan apersepsi berupa pertanyaan sesuai dengan manfaat pembelajaran ungkapan menyatakan dan menanyakan kemampuan dalam kehidupan sehari-hari
3)   Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
4)   Menyampaikan garis besar materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan

b.   Kegiatan Inti – Mengamati
1)      Siswa mengamati beberapa gambar dengan balon percakapan yang menceritakan konsep ekspresi kemampuan. (hal.21)
2)      Siswa diberi contoh/model cara membaca percakapan tersebut dengan pengucapan dan intonasi yang baik dan benar.(hal.21)
3)      Siswa menirukan contoh/model cara membaca percakapan tersebut dengan pengucapan dan intonasi yang baik dan benar.(hal.21)
4)      Siswa diminta mencari ungkapan lain dengan konsep yang sama baik itu di lingkungan kelas, sekolah, maupun rumah.
5)      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan  menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan melakukan suatu tindakan.

c.       Kegiatan Inti - Menanya
1)      Siswa diberi contoh/model cara membaca percakapan yang menceritakan konsep ekspresi kemampuan dengan pengucapan dan intonasi yang baik dan benar.(hal.22)
2)      Siswa menirukan contoh/model cara membaca percakapan tersebut dengan pengucapan dan intonasi yang baik dan benar.(hal.22)
3)      Siswa melengkapi kalimat berdasarkan percakapan tersebut. (hal.23)
4)      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan melakukan suatu tindakan dalam berbagai konteks.

d.      Kegiatan Inti – Mengumpulkan informasi
1)   Siswa melakukan wawancara kepada teman sekelasnya mengenai hal-hal yang dapat mereka lakukan (ungkapan kemampuan) dan menuliskan hasilnya ke dalam tabel.(hal.24)
2)   Siswa membuat kalimat berdasarkan tabel pada kegiatan sebelumnya dan menuliskannya dalam buku.(hal.25)
3)   Siswa saling bertukar hasil kerja dengan kelompok lain untuk  memperbaiki  hasil kerjanya.
4)   Siswa diberi gambar-gambar dengan balon percakapan yang masih kosong dan diminta membuat dialog menggunakan ungkapan kemampuan.
5)   Siswa mempraktikkan dialog tersebut dengan  pengucapan dan intonasi yang baik dan benar

e.       Kegiatan Inti – Mengasosiasikan

1)      Siswa membuat kalimat tanya tentang suatu kemampuan beserta responnya didalam balon-balon dialog sesuai dengan gambar yang tersedia.
2)      Siswa membacakan hasil tulisannya dalam bentuk bermain peran dengan teman sebangkunya.

f.       Kegiatan Inti- Mengkomunikasikan
1)   Siswa mencari potongan gambar dari majalah atau koran mengenai kegiatan yang dapat/tidak dapat dilakukan (kemampuan). (hal.31)
2)   Siswa menulis kalimat berdasarkan gambar pada kegiatan sebelumnya. Kalimat terfokus pada penggunaan “I can . . . “, “I can’t …..”,
3)   Siswa membuat dan mempraktikkan dialog berdasarkan kalimat-kalimat tersebut yang menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan melakukan suatu tindakan.

g.      Kegiatan Penutup
1)   Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
2)   Siswa dan guru melakukan refleksi pembelajaran.
3)   Guru dan siswa (pada siswa lain) memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran.
4)   Guru memberikan kegiatan tindak lanjut berupa penugasan.
5)   Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
6)   Guru menutup pembelajaran dengan salam.

2.         Pertemuan 2
a.      Kegiatan Pendahuluan
5)   Salam dan doa
6)   Memberikan apersepsi berupa pertanyaan sesuai dengan manfaat pembelajaran ungkapan menyatakan dan menanyakan kemampuan dalam kehidupan sehari-hari
7)   Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
8)   Menyampaikan garis besar materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan

b.      Kegiatan Inti – Mengamati
1.      Siswa mengamati beberapa gambar dengan balon percakapan yang menceritakan konsep ekspresi kemauan.
2.      Siswa diberi contoh/model cara membaca percakapan tersebut dengan pengucapan dan intonasi yang baik dan benar.
3.      Siswa menirukan contoh/model cara membaca percakapan tersebut dengan pengucapan dan intonasi yang baik dan benar.
4.      Siswa diminta mencari ungkapan lain dengan konsep yang sama baik itu di lingkungan kelas, sekolah, maupun rumah.
5.      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan  menyatakan dan menanyakan tentang kemauan melakukan suatu tindakan.

c.       Kegiatan Inti- Menanya

1.      Siswa diberi contoh/model cara membaca percakapan yang menceritakan konsep ekspresi kemauan dengan pengucapan dan intonasi yang baik dan benar.
2.      Siswa menirukan contoh/model cara membaca percakapan tersebut dengan pengucapan dan intonasi yang baik dan benar.
3.      Siswa melengkapi kalimat berdasarkan percakapan tersebut.
4.      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang kemauan melakukan suatu tindakan dalam berbagai konteks.

d.       Kegiatan Inti- Mengumpulkan Informasi
1.      Siswa melakukan wawancara kepada teman sekelasnya mengenai hal-hal yang dapat mereka lakukan (ungkapan kemauan) dan menuliskan hasilnya ke dalam tabel.
2.      Siswa membuat kalimat berdasarkan tabel pada kegiatan sebelumnya dan menuliskannya dalam buku.
3.      Siswa saling bertukar hasil kerja dengan kelompok lain untuk  memperbaiki  hasil kerjanya.
4.      Siswa diberi gambar-gambar dengan balon percakapan yang masih kosong dan diminta membuat dialog menggunakan ungkapan kemauan.
5.      Siswa mempraktikkan dialog tersebut dengan  pengucapan dan intonasi yang baik dan benar.

e.        Kegiatan Inti – Mengasosiasikan
1.      Dalam kerja kelompok terbimbing, siswa menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang kemauan dan  kemauan melakukan suatu tindakan
2.      Guru memberi umpan balik (feedback) dari guru dan teman
3.      Guru memberikan konfirmasi tentang kegiatan yang dilakukan.

f.       Kegiatan Inti – Mengkomunikasikan
1.      Siswa mencari potongan gambar dari majalah atau koran mengenai kegiatan yang akan / tidak akan dilakukan (kemauan). (supplementary material)
2.      Siswa menulis kalimat berdasarkan gambar pada kegiatan sebelumnya. Kalimat terfokus pada penggunaan “I will . . . “, “I won’t …..”,
3.      Siswa membuat dan mempraktikkan dialog berdasarkan kalimat-kalimat tersebut yang menyatakan dan menanyakan tentang kemauan melakukan suatu tindakan..
4.      Siswa menulis jurnal untuk  mengungkapkan pengalaman  yang  mereka peroleh selama pembelajaran, hal-hal yang sulit dan mudah dipelajari dan strategi yang sudah atau akan dilakukan untuk mengatasinya.


4.        Penilaian Hasil Pembelajaran
1.    Penilaian Sikap
Instrumen : Lembar Observasi


Lembar Pengamatan Sikap Peserta didik


No

Nama
Kesungguhan
(K1)
Santun
(K2)
Percaya diri
(K2)
1




2




3




4




Keterangan      :
a.       1 = Kurang 
b.      2 = Cukup
c.       3 = Baik
d.      4 = Sangat Baik  

2.    Penilaian Pengetahuan
Instrumen : Tes Tulis
a.    Siswa melengkapi kalimat berdasarkan percakapan. ( ungkapan kemampuan - hal.23)
b.    Siswa melengkapi kalimat berdasarkan percakapan tersebut. (ungkapan kemauan - supplementary material)
c.    Siswa membuat kalimat berdasarkan tabel halaman 24.(hal.25)
d.   Siswa menulis kalimat berdasarkan gambar pada kegiatan sebelumnya. Kalimat terfokus pada penggunaan “I can . . . “, “I can’t …..”,
e.    Siswa menulis kalimat berdasarkan gambar pada kegiatan sebelumnya. Kalimat terfokus pada penggunaan “I will . . . “, “I won’t …..”,

3.    Penilaian Keterampilan: Praktik
Rubrik Penilaian

5.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:

Media                     : power point
Alat                         : Laptop dan LCD
Sumber Belajar       : When English Rings a Bell


Mengetahui                                                                             Padang,    April 2016
Kepala SMP N 7 Padang                                                        Guru Mata Pelajaran


………………..                                                                      …………………..
NIP.                                                                                        NIP.

No comments: