Wednesday, 16 August 2017

Contoh RPP Surprise/Amazement or Disbelief Kelas X KTSP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                : SMA
Nama Sekolah                       : SMA N 4 Pariaman
Kelas/Semester                      : X/2
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Topik                                      : Surprise/Amazement or Disbelief
Aspek/Skill                             : Listening & Speaking
Alokasi Waktu                       : 2 x 45 menit

A.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
7. Mendengarkan
Memahami  makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.







9. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
7.2  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan

9.2 mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan.




B.     Indikator dan Tujuan Pembelajaran
Indikator
Objektif
Karakter
§ Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan rasa terkejut
§ Merespon tindak tutur menyatakan rasa terkejut
§ Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan rasa tak percaya
§ Merespon tindak tutur menyatakan rasa tak percaya.
§  Siswa dapat mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan rasa terkejut
§  Siswa dapat merespon tindak tutur menyatakan rasa terkejut
§  Siswa dapat mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan rasa tak percaya
§  Siswa dapat merespon tindak tutur menyatakan rasa tak percaya.

1.     Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri

C.    Materi Pokok
Mengungkapkan tindak tutur terkejut (surprise/amazement)
-       Really!                                                 - How nice!
-       What a surprise!                                  - That’s really great!
-       No. really!                                           - How horrible!
-       Are you surprised?                              - That can’t be!
-       Does it surprise you                            - That’s very surprising
-       Guess what!                                        - My goodness
-       Can you believe it?
-       Isn’t this incredible?

Ungkapan respon tindak tutur terkejut dan tidak percaya
-       Good heavens                         - Seriously?
-       My goodness                           - Never!
-       This is really surprise               - Goodness me!
-       I don’t believe it                     - You are joking
-       Really?                                    - Is that right?



Ungkapan tindak tutur tidak percaya (disbelief)
-       No, I don’t believe it.                         - Really? I find that hard to believe.
-       Are you serious?                                 - You won’t believe this but….
-       You must be joking.                            - Don’t you think it’s odd that…?
-       Are you kidding?                                - Wouldn’t you believe it?
-       Oh, no. that’s not true!
-       Seeing is believing


Example 1
Jane gives Kathy a piece of paper.
Jane     : Hey, Kathy. Look at this!
Kathy   : What is it?
Jane     : Guess what? I passed the test.
Kathy   : No way! You passed the test? Oh, Kathy. I’m so happy for you.
Jane     : Thanks.

Example 2
-Sam meets Mark at the school library and tells Mark about Ronnie.
Sam     : Hey, Mark. You know what? Ronnie got into Harvard.
Mark    : I don’t believe it. Really?
Sam     : Yeah. He’s moving next month.

D.    Metode Pembelajaran

Three phase technique, communicative approach

E.     Kegiatan pembelajaran

Kegiatan Awal (10’)
  • Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
  • Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
  • Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
  • Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
  • Guru memberikan Readiness Activity berupa pertanyaan pertanyaan ringan kepada siswa terkait dengan materi ekspresi terkejut, kagum dan tidak percaya.
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
  • Memberikan stimulus berupa pemberian materi tindak tutur menyatakan rasa terkejut dan tidak percaya
·        Siswa mendengarkan percakapan interpersonal/ transaksional secara klasikal
·        Siswa mendiskusikan tindak tutur yang digunakan dalam percakapan yang didengar secara berpasangan.
·        Mendiskusikan respon yang diberikan terhadap tindak tutur yang didengar
·        Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan berbagai tindak tutur menyatakan rasa terkejut dan tidak percaya.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
·         Guru menampilkan contoh dialog singkat tentang tindak tutur rasa terkejut dan tidak percaya.
·         Guru meminta siswa membaca dialog berpasangan dengan teman
·         Guru meminta siswa membuat dialog dengan teman menggunakan tindak tutur rasa terkejut dan tidak percaya
·         Guru meminta siswa menampilkan dialog yang telah dibuat didepan kelas
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru:
·         Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
·         Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
·         Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
·         Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi tindak tutur menyatakan rasa terkejut dan tidak percaya.
Kegiatan Akhir (10’)
·         Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·         Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi tindak tutur menyatakan rasa terkejut dan tidak percaya (optional)
·         Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan Hamdallah.

F.     Sumber/bahan/alat
·        Buku Tuntas
·        Buku Explore
·        Audio MP3 dari buku Explore
·        Laptop
·        Speaker aktif

G.    Penilaian
Dialogue guideline
Farah : Hey, Runi! I heard you became a stewardess.
Seruni : Yes, I did.
Farah : Wow! That’s cool!
Seruni : It is, isn’t it? But I worked really hard for the test.
Farah : So do you live in Jakarta now?
Seruni : I still live in Bandung. I go home every free day. I guess next month I will rent an apartment there.
Farah : Wow! All by yourself?
Seruni : There is a housing benefit from the company.
Farah : I feel so surprised to see you now. Have a great life for you.
Seruni : You, too.

Indikator
Jenis
Bentuk
·         Mengidentifikasi  makna  ungkapan
      terkejut dan tidak percaya
·         Mengungkapkan makna ungkapan terkejut dan tidak percaya dalam bentuk percakapan
Tes tertulis (listening)
Performance assessment (speaking)
Dialog in pairs, topik
ditentukan oleh guru
Score penilaian
Aspek
5
Very good
4
Good
3
Fair
2
Weak
1
Poor
1. Content





2. Vocabulary





3. Pronunciation





4. Fluency





5. Grammar






Mengetahui,                                                   Pariaman,      Januari 2017
Guru Bidang Studi                                       Guru Praktek Lapangan




Wirda Wati, S.Pd                                          Musfera Nara Vadia
NIP. 19820501 201406 2 009                       NIM. 1300925

No comments: