RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Nama Sekolah :
SMA N 4 Pariaman
Kelas/Semester : X/2
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Topik : Surprise/Amazement or Disbelief
Aspek/Skill :
Listening
& Speaking
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
7. Mendengarkan
Memahami
makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
9. Berbicara
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
|
7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar
dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai
konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa
terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan
ajakan
9.2 mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar
dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai
konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa
terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan
ajakan.
|
B. Indikator dan Tujuan
Pembelajaran
Indikator
|
Objektif
|
Karakter
|
§ Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan
rasa terkejut
§ Merespon tindak tutur menyatakan rasa terkejut
§ Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan
rasa tak percaya
§ Merespon tindak tutur menyatakan rasa tak percaya.
|
§ Siswa dapat mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan
rasa terkejut
§ Siswa dapat merespon tindak tutur menyatakan rasa terkejut
§ Siswa dapat mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan
rasa tak percaya
§ Siswa dapat merespon tindak tutur menyatakan rasa tak percaya.
|
1.
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
C.
Materi Pokok
Mengungkapkan tindak tutur
terkejut (surprise/amazement)
- Really! -
How nice!
- What
a surprise! -
That’s really great!
- No.
really! -
How horrible!
- Are
you surprised? -
That can’t be!
- Does
it surprise you -
That’s very surprising
- Guess
what! -
My goodness
- Can
you believe it?
- Isn’t
this incredible?
Ungkapan respon
tindak tutur terkejut dan tidak percaya
- Good
heavens -
Seriously?
- My
goodness -
Never!
- This
is really surprise -
Goodness me!
- I
don’t believe it - You are joking
- Really? - Is that
right?
Ungkapan
tindak tutur tidak percaya (disbelief)
- No,
I don’t believe it. -
Really? I find that hard to believe.
- Are
you serious? -
You won’t believe this but….
- You
must be joking. -
Don’t you think it’s odd that…?
- Are
you kidding? -
Wouldn’t you believe it?
- Oh,
no. that’s not true!
- Seeing
is believing
Example 1
–
Jane gives Kathy a piece of paper.
Jane : Hey, Kathy. Look at this!
Kathy : What is it?
Jane : Guess
what? I passed the test.
Kathy : No
way! You passed the test? Oh, Kathy. I’m so happy for you.
Jane :
Thanks.
Example 2
-Sam meets Mark at the school
library and tells Mark about Ronnie.
Sam : Hey, Mark. You know what? Ronnie got into Harvard.
Mark : I
don’t believe it. Really?
Sam : Yeah. He’s moving next month.
D. Metode
Pembelajaran
Three phase technique, communicative approach
E. Kegiatan
pembelajaran
Kegiatan
Awal (10’)
- Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
- Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
- Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
- Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
- Guru memberikan Readiness Activity berupa pertanyaan pertanyaan ringan kepada siswa terkait dengan materi ekspresi terkejut, kagum dan tidak percaya.
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi guru:
- Memberikan stimulus berupa pemberian materi tindak tutur menyatakan rasa terkejut dan tidak percaya
·
Siswa mendengarkan percakapan interpersonal/
transaksional secara klasikal
·
Siswa mendiskusikan tindak tutur yang digunakan dalam
percakapan yang didengar secara berpasangan.
·
Mendiskusikan respon yang diberikan terhadap tindak tutur
yang didengar
·
Memberikan kesempatan
pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan
berbagai tindak tutur menyatakan rasa terkejut dan tidak percaya.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
·
Guru menampilkan contoh dialog singkat
tentang tindak tutur rasa terkejut dan tidak percaya.
·
Guru meminta siswa membaca dialog
berpasangan dengan teman
·
Guru meminta siswa membuat dialog dengan
teman menggunakan tindak tutur rasa terkejut dan tidak percaya
·
Guru meminta siswa menampilkan dialog
yang telah dibuat didepan kelas
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi
guru:
·
Memberikan umpan balik pada siswa dengan
memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan
tugasnya.
·
Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan
yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
·
Memfasilitasi siswa melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
·
Memberikan motivasi kepada siswa yang
kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi tindak tutur menyatakan rasa
terkejut dan tidak percaya.
Kegiatan
Akhir (10’)
·
Siswa dan Guru melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·
Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi tindak tutur menyatakan rasa terkejut dan tidak percaya
(optional)
·
Guru
mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan Hamdallah.
F. Sumber/bahan/alat
·
Buku Tuntas
·
Buku Explore
·
Audio MP3 dari buku Explore
·
Laptop
·
Speaker aktif
G.
Penilaian
Dialogue
guideline
Farah : Hey, Runi! I heard you became a stewardess.
Seruni : Yes, I did.
Farah : Wow! That’s cool!
Seruni : It is, isn’t it? But I worked really hard
for the test.
Farah : So do you live in Jakarta now?
Seruni : I still live in Bandung. I go home every free day. I guess next month I
will rent an apartment there.
Farah : Wow! All by yourself?
Seruni : There is a housing benefit from the
company.
Farah : I feel so surprised to see you now. Have a
great life for you.
Seruni : You, too.
Indikator
|
Jenis
|
Bentuk
|
·
Mengidentifikasi makna
ungkapan
terkejut dan tidak percaya
·
Mengungkapkan makna ungkapan terkejut dan tidak percaya
dalam bentuk percakapan
|
Tes
tertulis (listening)
Performance
assessment (speaking)
|
Dialog in pairs, topik
ditentukan oleh guru
|
Score penilaian
Aspek
|
5
Very good
|
4
Good
|
3
Fair
|
2
Weak
|
1
Poor
|
1. Content
|
|
|
|
|
|
2. Vocabulary
|
|
|
|
|
|
3. Pronunciation
|
|
|
|
|
|
4. Fluency
|
|
|
|
|
|
5. Grammar
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, Pariaman, Januari 2017
Guru Bidang Studi Guru Praktek Lapangan
Wirda Wati, S.Pd Musfera
Nara Vadia
NIP. 19820501
201406 2 009 NIM.
1300925
No comments:
Post a Comment