RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Nama Sekolah :
SMA N 4 Pariaman
Kelas/Semester : X/2
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Topik : News Items
Aspek/Skill :
Listening
& Speaking
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
8. Mendengarkan
Memahami makna dalam teks
fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative, descriptive, dan news
item sederhana dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
10. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam teks
fungsional pendek dan monolog sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news
item dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
8.2 Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang
menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk; narrative, descriptive, dan news item.
10.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk: narrative, descriptive, dan news item
|
B. Indikator dan Tujuan
Pembelajaran
Indikator
|
Objektif
|
Karakter
|
1.
Mengidentifikasi
inti berita yang didengar
2.
Mengidentifikasi
sumber berita yang didengar
3.
Melakukan monolog untuk
menyampaikan sebuah berita
4.
Menjadi reporter
|
1.
Siswa mampu mengidentifikasi
inti berita yang didengar
2.
Siswa mampu
mengidentifikasi sumber berita yang didengar
3.
Siswa mampu melakukan monolog
untuk menyampaikan sebuah berita
4.
Siswa
berlatih menjadi reporter
|
Religius, jujur,
toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta
damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab,
mandiri
|
C.
Materi/Bahan Ajar
1.
Understanding
News Item Text
a.
Social
Function: To inform
readers, listeners, or viewers about events of the day which are considered
newsworthy or important.
b.
Generic structure of News
Item Text.
The
structure of news item text is divided into three parts:
Ø
Newsworthy
event: recount of the event in summary form
Ø
Background
of event: elaboration of what happened, to whom and in what circumstance.
Ø
Source:
comment by participant, witnesses and authorities expert or the event.
c. Language
Feature
Ø
Short
telegraphic information about story captured in headline.
Ø
Use
of material processes to retell the event.
Ø
Use
of projecting verbal processes in sources stage
Ø
Focus
on circumstances (e.g. mostly within qualifiers)
|
Transcript
audio listening news item
From
VOA Learning English, this is the Health report. The United Nations says Asian
children are facing health problems caused by poor nutrition. The United
Nations Children’s Fund, or UNICEF, and World Health Organization produced the
report. It finds some children are overweight while other in the same country
suffer from starvation. The report focuses on countries across South East Asia.
Including Indonesia, Malaysia, the Philippines, and Thailand. The report finds
that in most countries, there are equal amount of overweight and starving
children. For example, in Indonesia, 12% children are overweight, the same
number as those who are starving. In Thailand it says 7% are starving and 11%
are overweight. South East Asia is seen as the key of economic driver for the
world economy. But with economic growth comes an increase food and sugary
drinks with low nutritional value. The report says this has caused an increase
in obesity and heart disease in children. Starvation is still the issue in most
countries in the region. The report says this is caused by poverty, poor
nutrition, and the lack of clean water. Dorothy Foote is a nutrition expert in
UNICEF. She says the lack of healthy food for children and general population
is causing health crisis. The report calls on governments to invest in
childhood nutrition policies. They say this will bring a better future for
their citizens. For VOA Learning English, I’m Caroline Presutti.
D.
Alokasi Waktu
Beban Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Bentuk
kegiatan/tugas
|
Tatap Muka
|
2 x 45 menit
|
Diskusi, tanya jawab, latihan listening individu
|
Penugasan
terstruktur
|
1
x 45 menit
|
Berlatih
menjadi reporter
|
E.
Metode Pembelajaran
Teknik : Three
phase technique
F.
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan
Awal (10’)
- Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
- Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
- Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
- Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
- Guru memberikan apersepsi dan motivasi terkait dengan materi yang akan diajarkan
Kegiatan
Inti (70’):
·
Guru menampilkan video
tentang seorang reporter yang menyampaikan berita (oral news items)
·
Guru memberikan
pertanyaan singkat guna membangkitkan prior
knowledge siswa tentang pembacaan berita maupun isi berita itu sendiri.
·
Guru menjelaskan unsur
bahasa yang ada didalam news items
·
Guru memperdengarkan
teks monolog news items
·
Siswa mengisi teks
rumpang teks berita selagi mendengarkan audio
·
Guru bersama siswa
mendiskusikan isi berita
·
Guru bersama siswa
mengidentifikasi unsur bahasa dari teks monolog yang didengar
·
Guru memberikan latihan
listening berupa pertanyaan comprehension
terhadap audio yang didengar
·
Guru membagikan
beberapa teks berita untuk dibacakan oleh siswa sebagai reporter berita
·
Guru memandu siswa
dalam membaca berita/ menjadi reporter dengan menggunakan guideline to be reporter.
·
Siswa berlatih membaca
berita dan menampilkannya didepan kelas
Kegiatan Akhir (10’)
·
Siswa menyimpulkan materi pembelajaran dengan bimbingan
guru
·
Guru memberikan tugas rumah kepada siswa (tindak lanjut)
·
Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan “Hamdallah” dan menutupnya
dengan salam
G.
Sumber/alat/media
a.
Buku Tuntas
b.
Buku Explore B
c.
Video dan Audio MP3
d.
Laptop, speaker, dan
infocus
e.
Internet/relevant
textbook and sources.
H.
Penilaian
I.
Rubric
penilaian menjadi reporter
Aspek
|
5
Very good
|
4
Good
|
3
Fair
|
2
Weak
|
1
Poor
|
Fluency
|
|
|
|
|
|
Accuracy
|
|
|
|
|
|
Pronunciation
|
|
|
|
|
|
intonation
|
|
|
|
|
|
Total
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, Pariaman, Januari 2017
Guru Bidang
Studi Guru Praktek Lapangan
Wirda
Wati, S. Pd Musfera Nara Vadia
NIP.
19820501 201406 2 009 NIM.
1300925
No comments:
Post a Comment