Thursday, 2 November 2017

Contoh RPP NEWS ITEM -Reading&Writing- KTSP SMA Kelas X



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                : SMA
Nama Sekolah                       : SMA N 4 Pariaman
Kelas/Semester                      : X/2
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Topik                                      : News Items
Aspek/Skill                             : Reading & Writing
Alokasi Waktu                       : 2 x 45 menit

A.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Membaca
11.  Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk  narrative, descriptive dan news item   dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

Menulis
12.     Mengungkapkan makna   dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk   narrative, descriptive dan news item   dalam konteks kehidupan sehari-hari
        
       11. 2 Merespon makna dan langkah-langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item.


12.  2 Mengungkapkanmakna dan langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancer dan berterima dalam konteks kehidupan sehari hari dalam teks berbentuk narrative, descriptive dan news item.

B.     Indikator dan Tujuan Pembelajaran
Indikator
Objektif
Karakter
1.  Mengetahui inti berita yang didengar
2.  Mengidentifikasi sumber berita yang didengar
3.  Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dari teks
4.  Mengetahui tujuan komunikasi teks dibaca
1.      Siswa dapat mengetahui inti berita yang didengar
2.      Siswa dapat mengidentifikasi sumber berita yang didengar
3.      Siswa dapat mengidentifikasi generic structure dari teks
4.      Siswa dapat mengetahui tujuan komunikasi teks dibaca
Senang membaca, Komunikatif, Teliti, Kreative, Kerja keras, Mandiri

C.    Materi/Bahan Ajar
1.      Understanding News Item Text
a.       Social Function: To inform readers, listeners, or viewers about events of the day which are considered newsworthy or important.
b.      Generic structure of News Item Text.
The structure of news item text is divided into three parts:
Ø  Newsworthy event: recount of the event in summary form
Ø  Background of event: elaboration of what happened, to whom and in what     circumstance.
Ø  Source: comment by participant, witnesses and authorities expert or the event.
c.       Language Feature
Ø  Short telegraphic information about story captured in headline.
Ø  Use of material processes to retell the event.
Ø  Use of projecting verbal processes in sources stage
Ø  Focus on circumstances (e.g. mostly within qualifiers)
News Item Text
Three Die after Attending Marriage Ceremony
Newsworthy events
 
            Three residents were killed, while dozens of others were wounded after a pickup truck they were taking to attend a marriage ceremony overturned in Jingkang Village, Banyumas Regency, on Sunday.
Background events
 
Source
 
            The pickup was carrying 30 passengers, mostly women, when it failed to ascend a steep road on its way back from the ceremony.As a result, the passengers were squeezed. The wounded passengers were later rushed to the Ajibarang regional public hospital.
Local police are investigating the cause of the accident.       
D.      Alokasi Waktu dan Strategi Pembelajaran
Beban Belajar
Alokasi Waktu
Bentuk kegiatan/tugas
Tatap Muka
2 x 45 menit
·     Siswa mampu mengetahui inti berita
·     Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks news item
·     Membahas ciri-ciri leksikogramatika dalam teks.

Penugasan Terstruktur

·     menganalisa generic structure.
·     membaca sebuah berita yang diberikan oleh guru dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan teks tersebut
Penugasan Mandiri

·    Siswa mendapat teks berita lalu mempelajarinya dari segi tujuan komunikatif, generic structure, dan language features, serta content-nya

E.     Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
1.      Mengucapkan salam dengan ramah ketika masuk ruang kelas
2.      Mengecek kehadiran siswa
3.    Apersepsi
4.    Menginfokan sebuah berita
5.    Menyampaikan tujuan pembelajaran
6.    Menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan
Kegiatan Inti (80 menit)
Eksplorasi (15 menit)
Ø  Siswa membaca contoh teks berita yang ditampilkan.
Ø  Siswa dan guru mendiskusikan materi mengenai teks berita
Ø  Guru menjelaskan unsur dan langkah retorika  dan ciri lexico grammatical dalam teks berita
Ø  Guru menjelaskan langkah pembuatan teks berita.
Elaborasi (50 menit)
Ø  Guru membuat kelompok  dan membagi teks berita  sejumlah  kelompok
Ø  Siswa bekerja dalam kelompok untuk membahas generic structure dan isi teks berupa topik teks, gagasan utama suatu paragraf dalam teks tersebut, informasi rinci, informasi tertentu, dan makna kata-kata tertentu.
Ø  Menjawab soal-soal tentang text yang dibahas
Konfirmasi (15 menit)
Ø  Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan terhadap keberhasilan siswa dalam mengerjakan tugas
Ø  Guru menjadi narasumber dan fasilitator menjawab pertanyaan peserta didik dalam memahami teks dan penggunaan struktur text berita serta menggunakan Simple Past tense dalam text berita.
Ø  Guru meminta siswa untuk membuat teks berita sebagai tugas diluar kelas.
Ø  Guru memberi motivasi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran berikutnya.
Kegiatan Penutup (5 menit)
1.     Membuat kesimpulan tentang materi yang sudah dipelajari hari itu.
2.    Guru meminta siswa untuk membuat teks berita sebagai tugas rumah
3.    Melakukan refleksi terhadap jalannya proses pembelajaran pada hari itu.

F.     Sumber
·         Buku Tuntas
·         Buku English Zone
·         Internet dan sumber relevan lainnya


G. Penilaian
I. Indikator      : Merespon wacana text
                         Mempraktikkan pembuatan teks news item
            Teknik : Tes tertulis
            Bentuk            : Tugas essay, menjawab pertanyaan dan membuat berita.

GROWING NUMBER OF HIGH SCHOOL STUDENT SMOKING
A survey has found about 13 percent of first-time smokers in the country are junior high school students. It also revealed 89 percent of young female employees were smokers. The survey was conducted in five major across the country, including Surakarta in Central Java. Muhammad Syahril Mansyur, the Surakarta Health Agency’s respiratory illness division, said that the finding of the survey showed an alarming growth rate of Indonesia smokers. “This situation is a cause of concern,” he said. “It appears the country’s younger generation is uneducated about the health risks of smoking.” The Indonesian anti-tobacco campaign has reportedly been deemed as ineffective as the government refuses to sign the international convention on tobacco control. It said that cigarette producers contributed to a large amount to state revenue and gave jobs to thousands of workers.
(http://bos-sulap.blogspot.com/2010/02/contoh-example-of-news-item-text-about.html)
 
II. Instrument:

Question
1.      The Indonesian anti-tobacco campaign has reportedly been deemed as ineffective as …… paragraph 3) the underlined word has similar meaning to?
2.      89 % represents the percentage of?
3.      How many cities in survey of the above information?
4.      Who did make a survey on the clue above?
5.      How was the growth rate of Indonesian smokers?

Key answers:
1.      Inefective = useless
2.      Young female employees smokers
3.      Five cities
4.      Surakarta Health Agency’s respiratory illness division
5.      It becomes a concern




III. Pedoman Penilaian
Pedoman penskoraan: masing-masing soal jika di jawab benar dengan proses yang benar mendapat skor 2.
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 sebagai berikut :
                   Skor Perolehan
             Nilai Akhir:        ---------------------  X 100
                                           Skor maksimal




Mengetahui,                                                                      Pariaman,   Januari 2017
Guru Bidang Studi                                                           Guru Praktek Lapangan



Wirda Wati, S. Pd                                                            Musfera Nara Vadia
NIP. 19820501 201406 2 009                                           NIM. 1300925

No comments: