RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Nama Sekolah :
SMA N 4 Pariaman
Kelas/Semester : X/2
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Topik : News Items
Aspek/Skill :
Reading
& Writing
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Membaca
11. Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news
item dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Menulis
12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan
esei sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news
item dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
11.
2 Merespon makna dan langkah-langkah retorika dalam esei sederhana secara
akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk
mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk narrative, descriptive, dan
news item.
12. 2
Mengungkapkanmakna dan langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat,
lancer dan berterima dalam konteks kehidupan sehari hari dalam teks berbentuk
narrative, descriptive dan news item.
|
B. Indikator dan Tujuan
Pembelajaran
Indikator
|
Objektif
|
Karakter
|
1. Mengetahui
inti berita yang didengar
2. Mengidentifikasi sumber berita
yang didengar
3. Mengidentifikasi langkah-langkah
retorika dari teks
4. Mengetahui tujuan
komunikasi teks dibaca
|
1.
Siswa dapat mengetahui inti berita yang didengar
2.
Siswa dapat mengidentifikasi sumber berita yang
didengar
3. Siswa dapat mengidentifikasi
generic structure dari teks
4. Siswa dapat mengetahui tujuan
komunikasi teks dibaca
|
Senang membaca, Komunikatif, Teliti, Kreative, Kerja keras, Mandiri
|
C.
Materi/Bahan Ajar
1.
Understanding
News Item Text
a.
Social
Function: To inform
readers, listeners, or viewers about events of the day which are considered
newsworthy or important.
b.
Generic structure of News
Item Text.
The
structure of news item text is divided into three parts:
Ø
Newsworthy
event: recount of the event in summary form
Ø
Background
of event: elaboration of what happened, to whom and in what circumstance.
Ø
Source:
comment by participant, witnesses and authorities expert or the event.
c. Language
Feature
Ø
Short
telegraphic information about story captured in headline.
Ø
Use
of material processes to retell the event.
Ø
Use
of projecting verbal processes in sources stage
Ø
Focus
on circumstances (e.g. mostly within qualifiers)
News Item Text
Three
Die after Attending Marriage Ceremony
|
|
|
Local police are investigating the cause
of the accident.
D.
Alokasi Waktu dan Strategi Pembelajaran
Beban Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Bentuk
kegiatan/tugas
|
Tatap Muka
|
2 x 45 menit
|
·
Siswa
mampu mengetahui inti berita
·
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks news item
·
Membahas
ciri-ciri leksikogramatika dalam teks.
|
Penugasan Terstruktur
|
·
menganalisa generic structure.
·
membaca sebuah berita yang diberikan oleh guru dan
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan teks tersebut
|
|
Penugasan
Mandiri
|
·
Siswa mendapat teks berita lalu mempelajarinya dari
segi tujuan komunikatif, generic structure, dan language features,
serta content-nya
|
E.
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
1.
Mengucapkan salam dengan ramah ketika masuk ruang kelas
2.
Mengecek kehadiran siswa
3.
Apersepsi
4.
Menginfokan
sebuah berita
5.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
6.
Menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan
Kegiatan Inti (80 menit)
Eksplorasi (15 menit)
Ø Siswa membaca contoh teks berita yang
ditampilkan.
Ø
Siswa dan guru mendiskusikan materi mengenai teks
berita
Ø
Guru menjelaskan unsur dan langkah retorika dan ciri lexico grammatical dalam teks berita
Ø
Guru menjelaskan langkah pembuatan teks berita.
Elaborasi (50 menit)
Ø Guru membuat kelompok dan membagi teks berita sejumlah
kelompok
Ø Siswa bekerja dalam kelompok untuk
membahas generic structure dan isi teks berupa topik teks, gagasan utama suatu
paragraf dalam teks tersebut, informasi rinci, informasi tertentu, dan makna
kata-kata tertentu.
Ø Menjawab soal-soal tentang text yang
dibahas
Konfirmasi (15 menit)
Ø
Guru
memberikan umpan balik positif dan penguatan terhadap keberhasilan siswa dalam
mengerjakan tugas
Ø
Guru
menjadi narasumber dan fasilitator menjawab pertanyaan peserta didik dalam
memahami teks dan penggunaan struktur text berita serta menggunakan Simple Past
tense dalam text berita.
Ø
Guru
meminta siswa untuk membuat teks berita sebagai tugas diluar kelas.
Ø
Guru
memberi motivasi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran berikutnya.
Kegiatan Penutup (5 menit)
1.
Membuat kesimpulan tentang materi yang sudah dipelajari hari itu.
2. Guru meminta siswa untuk membuat teks
berita sebagai tugas rumah
3. Melakukan
refleksi terhadap jalannya proses pembelajaran pada hari itu.
F.
Sumber
·
Buku Tuntas
·
Buku English Zone
·
Internet dan sumber relevan lainnya
G. Penilaian
I. Indikator :
Merespon wacana text
Mempraktikkan pembuatan teks news item
Teknik : Tes tertulis
Bentuk : Tugas essay, menjawab pertanyaan
dan membuat berita.
|
Question
1.
The Indonesian
anti-tobacco campaign has reportedly been deemed as ineffective as ……
paragraph 3) the underlined word has similar meaning to?
2.
89 % represents the
percentage of?
3.
How many cities in
survey of the above information?
4.
Who did make a survey
on the clue above?
5.
How was the growth
rate of Indonesian smokers?
Key answers:
1.
Inefective = useless
2.
Young female employees smokers
3.
Five cities
4.
Surakarta Health
Agency’s respiratory illness division
5.
It becomes a concern
III. Pedoman Penilaian
Pedoman penskoraan: masing-masing soal jika di jawab benar dengan proses
yang benar mendapat skor 2.
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100
sebagai berikut :
Skor Perolehan
Nilai
Akhir: --------------------- X
100
Skor maksimal
Mengetahui, Pariaman, Januari 2017
Guru Bidang
Studi Guru Praktek Lapangan
Wirda Wati, S. Pd Musfera
Nara Vadia
NIP. 19820501 201406 2 009 NIM. 1300925
No comments:
Post a Comment