Saturday, 4 June 2016

CONTOH RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII SEMESTER 1 KD 3.3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Satuan Pendidikan    : SMP Negeri 7 Padang
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/semester                       : VIII/1
Materi pokok                        : Menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan
Aloka si waktu                      : 4 x 40 menit

A.  Kompetensi Inti (KI)
1.    KI 1
Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya.
2.    KI 2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.    KI  3
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    KI 4
Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi Dasar

1.      Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional.
2.      Menghargai perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.1  Menghargai perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.2  Menghargai perilaku tanggung jawab, peduli,kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.2  Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2  Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan  kemauan melakukan suatu tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks


C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
a.      Sikap spritual
1.      Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
b.      Sikap sosial
2.      Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.1.1        Menunjukkan jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.1.2        Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
c.       Pengetahuan
3.2.1        mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan.
3.2.2        membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan.
d.      Keterampilan
4.2.1        membuat dialog yang memuat ungkapan untuk menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan.
4.2.2        mempraktikkan dialog yang memuat ungkapan untuk menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan.


2.    Materi Pembelajaran
1.    Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan  kemauan melakukan suatu tindakan
2.    Fungsi sosial: untuk menjaga hubungan interpersonal, transaksional, dan fungsional dengan guru dan teman
3.    Struktur teks
a.    menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan
1)   Can you play guitar? Yes, I can/Sorry, I can’t
2)   Can you do it now? I’m not sure./I’ll try.
b.    menyatakan dan menanyakan kemauan melakukan suatu tindakan
1)   Will you go to the meeting? Yes, I will/No, I won’t.
2)   Will you listen to me? All right.
4.    Unsur kebahasaan
a.    Kosa kata (can, will, play, do, come, help, get up, sweep, make, fry, serve, read, etc)
b.    Tata bahasa (Can you+ V1 . . . , Will you+V1 . . .)
c.    Ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
5.    Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas
3.        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1.         Pertemuan 1
a.    Kegiatan Pendahuluan
1)   Salam dan doa
2)   Memberikan apersepsi berupa pertanyaan sesuai dengan manfaat pembelajaran ungkapan menyatakan dan menanyakan kemampuan dalam kehidupan sehari-hari
3)   Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
4)   Menyampaikan garis besar materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan

b.   Kegiatan Inti – Mengamati
1)      Siswa mengamati beberapa gambar dengan balon percakapan yang menceritakan konsep ekspresi kemampuan. (hal.21)
2)      Siswa diberi contoh/model cara membaca percakapan tersebut dengan pengucapan dan intonasi yang baik dan benar.(hal.21)
3)      Siswa menirukan contoh/model cara membaca percakapan tersebut dengan pengucapan dan intonasi yang baik dan benar.(hal.21)
4)      Siswa diminta mencari ungkapan lain dengan konsep yang sama baik itu di lingkungan kelas, sekolah, maupun rumah.
5)      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan  menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan melakukan suatu tindakan.

c.       Kegiatan Inti - Menanya
1)      Siswa diberi contoh/model cara membaca percakapan yang menceritakan konsep ekspresi kemampuan dengan pengucapan dan intonasi yang baik dan benar.(hal.22)
2)      Siswa menirukan contoh/model cara membaca percakapan tersebut dengan pengucapan dan intonasi yang baik dan benar.(hal.22)
3)      Siswa melengkapi kalimat berdasarkan percakapan tersebut. (hal.23)
4)      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan melakukan suatu tindakan dalam berbagai konteks.

d.      Kegiatan Inti – Mengumpulkan informasi
1)   Siswa melakukan wawancara kepada teman sekelasnya mengenai hal-hal yang dapat mereka lakukan (ungkapan kemampuan) dan menuliskan hasilnya ke dalam tabel.(hal.24)
2)   Siswa membuat kalimat berdasarkan tabel pada kegiatan sebelumnya dan menuliskannya dalam buku.(hal.25)
3)   Siswa saling bertukar hasil kerja dengan kelompok lain untuk  memperbaiki  hasil kerjanya.
4)   Siswa diberi gambar-gambar dengan balon percakapan yang masih kosong dan diminta membuat dialog menggunakan ungkapan kemampuan.
5)   Siswa mempraktikkan dialog tersebut dengan  pengucapan dan intonasi yang baik dan benar

e.       Kegiatan Inti – Mengasosiasikan

1)      Siswa membuat kalimat tanya tentang suatu kemampuan beserta responnya didalam balon-balon dialog sesuai dengan gambar yang tersedia.
2)      Siswa membacakan hasil tulisannya dalam bentuk bermain peran dengan teman sebangkunya.

f.       Kegiatan Inti- Mengkomunikasikan
1)   Siswa mencari potongan gambar dari majalah atau koran mengenai kegiatan yang dapat/tidak dapat dilakukan (kemampuan). (hal.31)
2)   Siswa menulis kalimat berdasarkan gambar pada kegiatan sebelumnya. Kalimat terfokus pada penggunaan “I can . . . “, “I can’t …..”,
3)   Siswa membuat dan mempraktikkan dialog berdasarkan kalimat-kalimat tersebut yang menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan melakukan suatu tindakan.

g.      Kegiatan Penutup
1)   Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
2)   Siswa dan guru melakukan refleksi pembelajaran.
3)   Guru dan siswa (pada siswa lain) memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran.
4)   Guru memberikan kegiatan tindak lanjut berupa penugasan.
5)   Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
6)   Guru menutup pembelajaran dengan salam.

2.         Pertemuan 2
a.      Kegiatan Pendahuluan
5)   Salam dan doa
6)   Memberikan apersepsi berupa pertanyaan sesuai dengan manfaat pembelajaran ungkapan menyatakan dan menanyakan kemampuan dalam kehidupan sehari-hari
7)   Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
8)   Menyampaikan garis besar materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan

b.      Kegiatan Inti – Mengamati
1.      Siswa mengamati beberapa gambar dengan balon percakapan yang menceritakan konsep ekspresi kemauan.
2.      Siswa diberi contoh/model cara membaca percakapan tersebut dengan pengucapan dan intonasi yang baik dan benar.
3.      Siswa menirukan contoh/model cara membaca percakapan tersebut dengan pengucapan dan intonasi yang baik dan benar.
4.      Siswa diminta mencari ungkapan lain dengan konsep yang sama baik itu di lingkungan kelas, sekolah, maupun rumah.
5.      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan  menyatakan dan menanyakan tentang kemauan melakukan suatu tindakan.

c.       Kegiatan Inti- Menanya

1.      Siswa diberi contoh/model cara membaca percakapan yang menceritakan konsep ekspresi kemauan dengan pengucapan dan intonasi yang baik dan benar.
2.      Siswa menirukan contoh/model cara membaca percakapan tersebut dengan pengucapan dan intonasi yang baik dan benar.
3.      Siswa melengkapi kalimat berdasarkan percakapan tersebut.
4.      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang kemauan melakukan suatu tindakan dalam berbagai konteks.

d.       Kegiatan Inti- Mengumpulkan Informasi
1.      Siswa melakukan wawancara kepada teman sekelasnya mengenai hal-hal yang dapat mereka lakukan (ungkapan kemauan) dan menuliskan hasilnya ke dalam tabel.
2.      Siswa membuat kalimat berdasarkan tabel pada kegiatan sebelumnya dan menuliskannya dalam buku.
3.      Siswa saling bertukar hasil kerja dengan kelompok lain untuk  memperbaiki  hasil kerjanya.
4.      Siswa diberi gambar-gambar dengan balon percakapan yang masih kosong dan diminta membuat dialog menggunakan ungkapan kemauan.
5.      Siswa mempraktikkan dialog tersebut dengan  pengucapan dan intonasi yang baik dan benar.

e.        Kegiatan Inti – Mengasosiasikan
1.      Dalam kerja kelompok terbimbing, siswa menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang kemauan dan  kemauan melakukan suatu tindakan
2.      Guru memberi umpan balik (feedback) dari guru dan teman
3.      Guru memberikan konfirmasi tentang kegiatan yang dilakukan.

f.       Kegiatan Inti – Mengkomunikasikan
1.      Siswa mencari potongan gambar dari majalah atau koran mengenai kegiatan yang akan / tidak akan dilakukan (kemauan). (supplementary material)
2.      Siswa menulis kalimat berdasarkan gambar pada kegiatan sebelumnya. Kalimat terfokus pada penggunaan “I will . . . “, “I won’t …..”,
3.      Siswa membuat dan mempraktikkan dialog berdasarkan kalimat-kalimat tersebut yang menyatakan dan menanyakan tentang kemauan melakukan suatu tindakan..
4.      Siswa menulis jurnal untuk  mengungkapkan pengalaman  yang  mereka peroleh selama pembelajaran, hal-hal yang sulit dan mudah dipelajari dan strategi yang sudah atau akan dilakukan untuk mengatasinya.


4.        Penilaian Hasil Pembelajaran
1.    Penilaian Sikap
Instrumen : Lembar Observasi


Lembar Pengamatan Sikap Peserta didik


No

Nama
Kesungguhan
(K1)
Santun
(K2)
Percaya diri
(K2)
1




2




3




4




Keterangan      :
a.       1 = Kurang 
b.      2 = Cukup
c.       3 = Baik
d.      4 = Sangat Baik  

2.    Penilaian Pengetahuan
Instrumen : Tes Tulis
a.    Siswa melengkapi kalimat berdasarkan percakapan. ( ungkapan kemampuan - hal.23)
b.    Siswa melengkapi kalimat berdasarkan percakapan tersebut. (ungkapan kemauan - supplementary material)
c.    Siswa membuat kalimat berdasarkan tabel halaman 24.(hal.25)
d.   Siswa menulis kalimat berdasarkan gambar pada kegiatan sebelumnya. Kalimat terfokus pada penggunaan “I can . . . “, “I can’t …..”,
e.    Siswa menulis kalimat berdasarkan gambar pada kegiatan sebelumnya. Kalimat terfokus pada penggunaan “I will . . . “, “I won’t …..”,

3.    Penilaian Keterampilan: Praktik
Rubrik Penilaian

5.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:

Media                     : power point
Alat                         : Laptop dan LCD
Sumber Belajar       : When English Rings a Bell


Mengetahui                                                                             Padang,    April 2016
Kepala SMP N 7 Padang                                                        Guru Mata Pelajaran


………………..                                                                      …………………..
NIP.                                                                                        NIP.

Friday, 11 September 2015

In Memoriam My Beloved Friend


May 30th, 2015 was the last time he contacted me. I felt very sorry I could not contact him back that time. I know he would certainly contact me if he knew I would come back to hometown. He always asked me to play as we used to. My apologize, I could not keep my promise to gather around likes we used to.
July 22nd, 2015 I sent him a message. I just told him that I was near at his house. I asked what he was doing. Next day, I heard that he was on motor accident. I could not believe that he passed away because of that accident. My friends told me that it was the truth. I felt regret that I could not see him for the last time. I could not say directly to him that I missed him so much. I could not remember when I met him last time. Maybe it was on our graduation party. I could not even forgive myself that I could not meet him again. My big mistakes could not send him to his last home. I lost my cheerful friend. I sent my deep condolence for my dude. May Allah place you on His beautiful side. May heaven becomes your last home. I will always send you beautiful messages through my pray. I will always remember our wonderful moments. Forgive me for all my mistakes toward you since we firstly met until you left me for the last time.
In Memoriam “Robiansyah” Rest in Peace


Friday, 28 August 2015

SPOKEN ENGLISH ACTIVITY 2015



SPOKEN ENGLISH ACTIVITY
-SEA DANCING 2015-
ENGLISH DEPARTMENT, STATE UNIVERSITY OF PADANG

Spoken English Activity (SEA) is one of subjects that are taught in English Department of State University of Padang. Sophomore students in their fourth semester can take this subject, which has only one credit. The goal is to improve students’ English ability orally through activities, such as singing, debate, poetry reading, drama, speech, master of ceremony, news reading, storytelling, and dancing. Students choose one of those activities according to their interest and talent. Especially for Singing Club, Master of Ceremony Club, and Dancing Club, students who are interested to join those clubs should take an audition first because besides the large number of interested persons of those clubs, students must have a talent related to those clubs. One or two lecturers guide for each club. At the end of the semester, students will perform their talent based on what clubs they are belong to, and it will be their final examination.
For SEA 2015, the theme is Tribute to Teacher. The supervisors of SEA 2015 were Miss An Fauzia Rozani Syafei, Miss Leni Marlina, and Miss Delvi Wahyuni. The performance held on May 29th, 2015 at Teater Tertutup FBS UNP. Singing Club presented seven performances, which consist of two solos, three duets, one quartet, and one for all club members. The supervisor for Singing Club is Mr. Don Narius. Debate club made one performance. The topic is about teacher. Miss Witri Octavia is the supervisor of Debate Club this year. Poetry Reading Club was guided by Miss Delvi Wahyuni. This Club also performed once. They presented the Reggae Poetry. Then, Mr. Havid Ardi guided Master of Ceremony Club. All of the club members were being an organizational committee or SEA Performance. Three of them were being MC, which led the SEA performances. News Reading Club was guided by Mr. Jufri. During the class, they went to TV station and Radio station to learn about broadcasting system. At the final performance, they performed twice. Next, Storytelling Club also performed twice. Every week during the class, they always presented their story and made a video about how they perform their story. Miss Leni Marlina is the supervisor of this club. Then, Dancing Club is the club where I was belongs. After taking an audition, students learned and practiced dancing at Sanggar Syofyani, which is owned by Mam Syofyani, the supervisor of Dancing Club. The Dancing Club performed five times. They were Pasambahan Dance, Indang Dance, Serampang 12 Dance, Plate Dance, and Kipas Dance. Speech Club which guided by Miss Fitra Wati performed four times. They are twice for Speech and twice for Stand Up Comedy. The last club is Drama Club, guided by Mr. Devi Kurnia Alamsyah, performed once as the last performance for SEA 2015. The drama’s title is The 70’s.

Wednesday, 3 June 2015

SEA DANCING 2015



SEA DANCING 2015
-DANCE HISTORY-
PASAMBAHAN DANCE
Pasambahan Dance is one of Minangkabau dances that were developed in different regions of West Sumatera province. This dance is featured in the show meant to welcome the guests as a welcome greeting and expression of respect and honor for the guests who had just arrived. Pasambahan dance is displayed for arrival guests coming from far away or the arrival guests of the bride’s side. The guests arriving later are pedestrianized with an oversized umbrella in honor of the guests coming. After Pasambahan dance displayed and the event continued by treating the betel leaves Carano to the guests. Carano betel leaf usually is also presented for both parents: the bride’s and the groom’s.

INDANG DANCE
                Indang also known as “Badindin” is one of the Minangkabau dances. The dance is done in groups and usually accompanied by singing and playing small Rebana (Islamic drum). The dance was originally intended as a media of Islamic proselytizing which explains the Islamic themes of the song originated from Muhammad’s prayer. Indang stages are often done by seven male dancers, which are referred by “anak Indang”. The dancers use a small Rebana, also known as Indang.

SERAMPANG 12 DANCE:
Serampang 12 Dance is a Malay traditional dance originally from Melayu developed by Sultan o Serdang. It was created by Sauti in 1940s, and was developed by him again in 1950s-1960s. The first name of this dance is Pulau Sari Dance. The name of Pulau Sari refers to the its song’s name, Pulau Sari song. According to Teuku Mira Ray, a dance that preceded the word “island” is usually has tempo rumba, like Dance Pulai Kampai, and Island Princess. While Serampang XII dance has fast-paced movements such as Serampang XII Dance in SEA Dancing. The dance is combination between Malay and Portuguese. We can feel the affection from the Portuguese from the beauty of movements and the music that leads the dance. Serampamg XII refers to the range of motion, amounting to XII: the first meeting, love in sink, burylove, crazydrunk, signaling a sign of love, return gesture, suspect, still do not believe, escort bride and meeting you. Serampang XII dance is sacred love story abou male and female who emerged from the first sight and end with the marriage sanctioned by the parents of the virgin and the youth.

PLATE DANCE:
Plate dance is one of the traditional dances originally from West Sumatera. The dance tells the story about farmer planting crops on the field with happiness and joy being thankful for the harvest.  The dance is usually performed by 3-7 dancers, men or women. The dancers wear traditional Minang clothes and carry two saucers on their hands as they dance energetically along with the music from traditional instruments called Talempong and Saluang. The dancers move their hands and spin the saucers around while moving and jumping energetically in intricate formation. The movements require good coordination between legs and arms to perform harmonically with the music. The dancers carry saucers as a form of gratitude to God for abundant the crop. The dance is usually performed on a wedding ceremony or as a welcome dance on a special occasion.

KIPAS DANCE:
Kipas dance is a dance originated from Gowa society, South Sulawesi. Some people recognize this dance as a Pakarena Dance that means Playing. This traditional dance was attached since the existence of Gowa Kingdom in ancient time. It said that Kipas Pakarena is telling about the farewell of Boting Langi people (heaven) and Lino people (earth). The movements in this dance is characterized the delicate Gowa women who faithful, behave, obey, and respect to husband. The dance consists of 12 parts in every movement, which is not easy to differentiate. Each move in this dance has different meaning, such as sitting, spinning, flattering, and so on. Kipas Pakarena has unique rule, where dancers are not allowed to open their eyes very wide, while the movement of the legs should not be raised too high. This dance is usually lasts for about two hours, so the dancers are required to have excellent physical condition to perform this dance.


here some photos of us :)